Connect with us
alterntif text

Regional

Momen HLUN, Puskesmas Pangkajene Adakan Pemeriksaan Kesehatan Lansia

Published

on

SIDRAP–Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2022 diperingati Puskesmas Pangkejene Kabupaten Sidrap dengan melakukan dialog dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia (lanjut usia), Sabtu (28/5/2022).

Pada kegiatan di aula Puskesmas Pangkajene Kecamatan Maritengngae ini, juga dilakukan pembagian buku pada lansia.

Peringatan HLUN dengan tema “Gerakan Cinta Lansia” diadakan tim kesehatan usila Puskesmas Pangkajene bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Sidrap.

Kepala UPT Puskesmas Pangkajene dr. Mariana, mengatakan, gerakan cinta lansia harus digalakkan, salah satunya dengan membawa mereka ke tempat skrining kesehatan lansia.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendeteksi penyakit tidak menular dan kelainan atau gangguan mental yang tidak disadari oleh lansia.

“Lansia adalah bagian dari masyarakat, bangsa dan negara. Untuk menjaga lanjut usia agar tetap hidup sehat dan produktif, perlu pemeliharaan kesehatan bagi mereka,” terang Mariana.

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama, lanjutnya, diharapkan mampu melakukan upaya promotif , preventif, kuratif, dan rehabilitatif tingkat dasar bagi lanjut usia.

alterntif text

Masyarakat Sidrap sebagai daerah yang religius, kata dr. Mariana, mengedepankan bakti kepada orang tua sebagai bentuk ibadah.

“Kesuksesan kita sebagai seorang anak, itu semua karena peran dan perjuangan dari orang tua kita, maka selayaknyalah kita memperhatikan orang tua kita sebagai bakti seseorang anak,” tuturnya.

Sementara itu ketua panitia, Hasniawati Nasri melaporkan, tujuan skrining kesehatan lansia untuk meningkatkan kesadaran pada lansia untuk memelihara kesehatan sendiri , meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia.

“Selain itu, meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan lansia serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Adapun skrining kesehatan lansia dalam kesempatan itu antara lain:

1 . Pengukuran tinggi badan , berat badan , tekanan darah.

2. Pemeriksaan gula darah sesaat.

3. Pemeriksaan kolesterol total darah.

4 Geriatric Depression Scale ( GDS ) atau tes emosional konsia dan

5. Abbreviated Mental Test atau tes mental dan tes kemandirian .

“Untuk kecamatan Maritangae, jumlah lansia yang diperiksa sebanyak 112 orang,” tandasnya.

Advertisement
alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Terpopuler