Connect with us
alterntif text

Regional

GUGUS TUGAS SIDRAP RAPAT KOORDINASI, BAHAS PERSIAPAN HADAPI “NEW NORMAL”

Published

on

alterntif text

SIDRAP–Bupati Sidrap, H Dollah Mando memimpin rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sidrap, Kamis (28/5/2020).

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati membahas monitoring, evaluasi dan tindak lanjut penanganan Covid-19.

Hadir dalam rapat, Dandim 1420 Letkol J P Situmorang, Kapolres Sidrap, AKBP Leonardo Panji Wahyudi, dan perwakilan Kajari Sidrap.

Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Sidrap, H Irman Baharuddin, Sekda Sidrap, Sudirman Bungi, para asisten, camat dan kepala OPD terkait.

Salah satu agenda rapat membahas persiapan penerapan pola kehidupan baru di masyarakat atau diistilahkan dengan “new normal”.

Dollah Mando mengatakan, menyikapi hal tersebut diperlukan petunjuk teknis dan protokol kesehatan khusus di setiap sektor baik ekonomi, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, pendidikan dan lainnya.

“Harus ada petunjuk teknis dan protokol kesehatan aktivitas di sekolah, warung dan toko, masjid dan sebagainya,” kata Dollah yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidrap.

Untuk itu, sambung Dollah, segera akan dibentuk tim yang merumuskan petunjuk, regulasi, dan protokol kesehatan termasuk sanksi bagi yang melanggar. Tim disesuaikan dengan bidang tugasnya masing-masing.

alterntif text

“Misalnya kegiatan ibadah dan keagamaan disusun Kemenag, aturan di pasar oleh Dinas Perdagangan, di sekolah oleh Dinas Pendidikan. Yang perlu diingat semua kaitannya dengan kesehatan,” papar Dollah.

Dollah juga menegaskan perlunya terus memotivasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini tugas seluruh pihak mengingatkan masyarakat selalu menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun menjaga jarak dan lainnya. Semua OPD bertanggung jawab sampaikan penyuluhan, agar ini menjadi budaya di masyarakat,” pesannya.

Sementara Kapolres Sidrap mengatakan, penerapan new normal harus dipersiapkan sebaik mungkin. “Mau tidak mau, suka tidak suka Kita harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Cepat atau lambat langkah ini akan diambil,” ujar AKBP Leonardo.

Dijelaskannya, berdamai dengan Covid-19 bukan berarti menyerah, tetapi bagaimana menindaklanjuti dan merubah pola hidup masyarakat yang lebih baik.

“Seluruh aktivitas harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan, wajib hukumnya,” tegas Kapolres.

Senada dengan itu, Dandim 1420 Sidrap, Letkol J P Situmorang mengutarakan kalau pola new normal diterapkan maka seluruh pihak harus siap dengan pola tersebut.

“Pola ini bukan berarti diberi kebebasan, tapi tetap ada pembatasan-pembatasan. Masyarakat harus diawasi agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Situmorang.

alterntif text
Advertisement
alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

Regional8 hours ago

3 HMI CABANG AKAN MELAKSANAKAN MAPERCA VERSI VIRTUAL

SIDRAP–Pandemi Covid-19 melanda seluruh belahan dunia tidak terkecuali Indonesia, khususnya di Kota Makassar. Dalam kurun waktu tersebut, berbagai aktivitas juga...

Regional17 hours ago

IDM Sidrap Meningkat Tahun 2020 Dan Peringkat 3 Sulsel

SIDRAP–Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Sidrap di tahun 2020 menempati peringkat ketiga di Provinsi Sulawesi Selatan. Demikian diungkap Kepala Dinas...

Regional21 hours ago

BUPATI SIDRAP BUKA RAKOR PENYELARASAN PEMBANGUNAN DESA DAN KABUPATEN

SIDRAP–Bupati Sidrap, H Dollah Mando membuka Rapat Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa dengan Arah Kebijakan Perencanaan Pembangunan Kabupaten, Selasa (14/7/2020)....

Regional22 hours ago

PEMKAB SIDRAP GRATISKAN RAPID TEST BAGI WARGA YANG AKAN KELUAR DAERAH

SIDRAP–Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang menggratiskan biaya pemeriksaan rapid test bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar daerah. Hal tersebut...

Regional4 days ago

DOLLAH MANDO LETAKKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN KANTOR MUI SIDRAP 

SIDRAP–Bupati Sidrap, H Dollah Mando melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidrap di areal Masjid Agung...

Pendidikan & Kebudayaan4 days ago

DI SIDRAP, BELAJAR DARI RUMAH DIPERPANJANG SAMPAI 24 JULI

SIDRAP–Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), kembali memperpanjang masa belajar di rumah di tengah pandemi Covid-19. Hal...

Regional4 days ago

JAGA KEBUGARAN DAN SILATURAHMI, FORUM ALUMNI UNHAS SIDRAP RUTIN BERSEPEDA 

SIDRAP–Upaya menjaga kebugaran tubuh semakin disadari lapisan masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19. Salah satu pilihan yang paling banyak diminati...

Ekonomi & Pariwisata4 days ago

Direksi Perusda Sidrap Dilantik, Direktur Ganggawa Institute Ucapkan Selamat

SIDRAP — Direktur Ganggawa Institute Mansur Marsuki mengucapkan selamat atas dilantiknya tiga direktur Perusda Sidrap. Ia berharap pimpinan baru Perusda...

Regional5 days ago

BUPATI SIDRAP RESMIKAN KANTOR DESA BULUCENRANA

SIDRAP–Masyarakat Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa kini memiliki kantor desa baru. Ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Sidrap, H Dollah Mando,...

Regional5 days ago

TP PKK SIDRAP IKUTI WEBINAR REVITALISASI POSYANDU

SIDRAP–Jajaran TP PKK Kabupaten Sidrap berpartisipasi dalam Webinar Kesehatan yang digelar TP PKK Provinsi Sulsel. Mereka mengikuti kegiatan di Rujab...

Facebook

Terpopuler