Connect with us
alterntif text

Budaya & Kearifan Lok

TUAK MANIS

Published

on

Pohon lontar diDesa Wanio

Penulis : Mansur Marsuki

Ganggawa– Jika anda adalah Orang Bugis Sidrap pasti tidak asing lagi dengan salah satu minuman tradisional ini,namanya Tuak Manis.

Tuak ini diproduksi langsung oleh Masyarkat Wanio Kecamatan Panca Lautang dengan istilah keseharian Massari melalui Pohon lontar yang ada dipinggiran desa Wanio.

Minuman ini adalah salah satu sumber pendapatan masyarakat khususnya didaerah Wanio, pohon ini bisa menghasilkan tuak manis yang bisa melepas dahaga dan menyegarkan, tapi ketika musim kemarau tiba permintaan tuak ini tambah banyak karena rasa khas tuak manis dihari kemarau berbeda dengan musim hujan.

alterntif text

Bagi Masyarakat atau konsumen yang mau mencicipi rasa tuak manis ini bisa didapat dipinggir jalan poros WetteE,karena disana rata-rata penjual yang memproduksi (massari) sendiri.

Harapan Penulis muda-mudahan Pemerintah bisa membantu melestarikan pohon ini yang sekarang tinggal beberapa batang lagi,karena pada akhirnya ketika pohon lontar sudah habis maka yakinlah tidak ada lagi produksi tuak manis dari pohon lontar.

Advertisement
alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Terpopuler